Breaking News

GEMPA TERKINI MENGGUNCANG SIBERUT,KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI PROPINSI SUMATERA BARAT.WARGA 4 DUSUN MASIH BERTAHAN DI ATAS BUKIT.


Rangkaian gempa dinihari hingga pagi, dengan kekuatan terbesar M5,9--diperbarui dari info awal M6,1, memaksa warga empat dusun di Desa Simalegi, Kecamatan Siberut Barat, Mentawai, menyingkir ke tenda-tenda pengungsian, Minggu 23 April 2023. Mereka bertahan di sana sejak pukul 00.30 WIB.

Kepala Badan Perwakilan Desa Simalegi, Handoko, mengatakan, saat gempa pertama yang terjadi sekitar pukul 00.09 WIB masyarakat di pesisir pantai di Desa Simalegi sudah langsung lari ke atas bukit. Mereka berasal dari Dusun Betaet, Sute'uleu, Sakaladhat dan Dusun Muara di Pulau  Siberut  
Handoko mengatakan bahwa saat di hubungi minggu pagi,"Setahu kami yang mengungsi semua dusun di pesisir pantai Simalegi Kecamatan Siberut Barat Kab.Kep.Mentawai Proponsi Sumatera Barat,"lanjut Handoko adapun posko pengungsian yang digunakan dituturkannya menggunakan alat seadanya. "Kondisi pengungsian masih seperti dulu, menggunakan posko lama bangunan Aksi Siaga Bencana (ASB) yang kondisinya sudah tidak layak juga sebenarnya," tambahnya. Warga disebutnya membekali diri dengan makanan yang dibawa dari rumah. Menurut Handoko, masyarakat Desa Simalegi juga sudah terbiasa mengungsi dan menempuh jalur evakuasi setiap kali merasakan guncangan gempa. "Masyarakat jika terjadi gempa pasti langsung lari ke atas bukit," tuturnya lagi.

Kepala Desa Simalegi, Jaret, menambahkan bahwa posko pengungsian itu dibangun pasca-gempa M6,1 pada tahun 2022 yang lalu.Kepala Desa Simalegi,Jaret menyebut bahwa rumah pengungsian dan selalu tersedia logistik seperti beras. "Masyarakat membangunnya sendiri untuk keamanan barang-barang mereka," tambahnya Jaret. 

Hingga berita ini di lansir, jumlah kerusakan bangunan,kerugian yang di alami korban Gempa dan,korban jiwa belum diketahui dampak gempa pada hari ini.Warga menyatakan akan bertahan sampai siang sebelum kembali ke dusun-dusun mereka, sambil memastikan tak terjadi gempa susulan lagi.

Berdasarkan data BMKG, hingga pukul 07.00 WIB, telah terjadi enam kali gempa megathrust dari segmen Mentawai Siberut. Kekuatannya mulai dari Magnitudo 5,9 sampai 3,9. 

Zona asal gempa-gempa itu disebutkan satu-satunya zona megathrust di pesisir barat Sumatera yang masih terkunci hingga kini. Potensi gempa terkuatnya mencapai M8,9. Adapun gempa dahsyat terakhir kali terjadi pada 1797 lewat gempa M8,5. 

Dikutip di ANTARA **(NPW 009/PUSE/IV/23.


Tidak ada komentar