Breaking News

ASNAWI RESMI DI LANTIK SEBAGAI KEPALA KEJAKSAAN TINGGI (KEJATI) PROVINSI SUMATERA BARAT.

Kepala Kejaksaan Tinggi(KEJATI) Provinsi Sumatera Barat, yang baru di lantik KEJAGUNG RI Asnawi. 

Jakarta : Lapora Sergapekspres.com

Pada hari jum'at tanggal 12 mei tahun 2023 Pelantikan dan pengambilan sumpah terhadap Asnawi sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati)Provinsi Sumatera Barat di laksanaksanan oleh Wakil Kejakasaan Agung Sunarta mewakili Kejaksaan Agung ST Burhanuddin di lantai sebelah Gedung Utama Kantor Kejaksaan Agung Republik Indonesia (KEJAGUNG RI).

"Pejabat Kejaksaan yang baru dilantik hari ini jum'at tanggal 12 mei tahun 2023 ,adalah insan yang  terbaik Adhyaksa yang telah melalui kajian yang  mendalam dan,pertimbangan yang matang,serta penilaian yang obyektif untuk dapat mengisi jabatan yang ditentukan,"  Sunarta mengatakan pada saat pelantikan, sesuai dengan keterangan pers tertulis yang diterima media pada hari Jumat 12 mei 2023.

Wakil Kejaksaan Agung Republik Indonesia  itu juga menekankan tiga poin penting kepada Asnawi sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Barat,yang mana dalam menakhodai Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Barat (Prov.Sumbar).

Poin 1. pertama adalah bersinergi dengan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) serta aparat penegak hukum lainnya dalam rangka mengawal persiapan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu)pada tahun  2024 di Wilayah Provinsi Sunatera Barat.

Selanjutnya supaya dapat memastikan terlaksananya pola penegakan hukum yang humanis serta proporsional dan dapat  memperhatikan nilai-nilai keadilan yang hidup dan berkembang di tengah masyarakat Sumatera Barat.

Sunarta menambahkan bahwa  Asnawi sebagai pemimpin di Kejaksaan Tinggi(Kejati) Sumbar diminta untuk dapat menjadi suri tauladan bagi seluruh insan kejaksaan di " Wilayah Provinsi Sumatera Barat"secara  pola hidup sederhana.

Asnawi adalah  putera kelahiran Watampone Sulawesi Selatan yang kini berusia 51 tahun berpangkat atau golongan terakhir yakni Jaksa Utama Muda (IV/c).

Dalam karirnya  di korps Adhyaksa, Asnawi telah mengisi berbagai jabatan mulai dari Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah sejak 2017-2020.

Selanjutnya  menjadi Koordinator pada Kejaksaan Agung Republik Indonesia Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung Republik Indonesisa dari tahun 2020-2021.

Provinsi Sumatera Barat bukanlah daerah yang pertama di Sumatera yang pernah dipijak oleh Asnawi.Sebab sebelumnya Asnawi juga tercatat menjabat sebagai Wakil Kepala Kejati Lampung dan Wakil Kepala Kejati Sumatera Utara.Mantan Direktur perdata pada Jaksa Agung Muda bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Jamdatun) Kejagung RI atas nama Asnawi akhirnya resmi menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Barat setelah dilantik di Jakarta, pada hari Jumat tanggal 12 mei tahun 2023.



"Pejabat yang dilantik hari ini adalah insan terbaik Adhyaksa yang telah melalui kajian mendalam, pertimbangan yang matang, serta penilaian yang obyektif untuk mengisi jabatan yang ditentukan," kata Sunarta saat pelantikan, sesuai dengan keterangan pers tertulis yang diterima media, hari Jumat tanggal 12 mei tahun 2023.

Wakil Jaksa Agung itu juga menekankan tiga poin penting kepada Asnawi yang  menakhodai Kejaksaan Provinsi Sumatera Barat.

Poin yang pertama adalah bersinergi dengan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) serta aparat penegak hukum lainnya dalam rangka mengawal persiapan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 di Sumatera Barat.

Kemudian yang ke 2 memastikan terlaksananya pola penegakan hukum yang humanis serta proporsional dengan memperhatikan nilai-nilai keadilan yang hidup dan berkembang di tengah masyarakat.

Selanjutnya yang ke 3 Asnawi sebagai pemimpin di Kejaksaan Tinggi ((Kejati) Sumatera Barat diminta untuk dapat menjadi suri tauladan bagi seluruh insan kejaksaan di "Ranah Minangkabau" dalam menerapkan pola hidup sederhana.

Sebelum Asnawi, jabatan Kepala Kejaksaan Tinggi  Sumatera Barat, dijabat oleh Yusron yang memasuki masa purna tugas, kemudian sempat dijabat oleh wakilnya sebagai Pelaksana tugas.Dia merupakan putera kelahiran Watampone Sulawesi Selatan yang kini berusia 51 tahun berpangkat atau golongan terakhir yakni Jaksa Utama Muda (IV/c).

Dalam karirnya di korps Adhyaksa, Asnawi telah mengisi berbagai jabatan mulai dari Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah sejak tahun 2017-2020.

Pada tahun 2020 - 2021 Ia menjadi Koordinator pada Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung Republik Indonesia. Provinsi Sumatera Barat  bukanlah daerah pertama di Sumatera yang pernah dipijak oleh Asnawi,sebelumnya Asnawi  juga tercatat menjabat sebagai Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Wilayah Lampung, dan Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Utara. 

Kini masyarakat Sumatera Barat tinggal menunggu kebijakan Kepala Kejaksaan Tinggi Asnawi,yang baru menjabat beberapa hari.Dan yang akan  meneliti berbagai dugaan kasus korupsi di Wilayah Provinsi Sunatera Barat.Mudah mudahan Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat yang baru, dapat menambah nilai tambah.**(S.Z).

Tidak ada komentar