Breaking News

DINAS PERTANIAN KABUPATEN AGAM TINGKATKAN SDM DAN SDA SE KABUPATEN AGAM.

DINAS PERTANIAN KABUPATEN AGAM TINGKATKAN SDM DAN SDA SE KABUPATEN AGAM.

KAB AGAM : Laporan SergapEkspres.com .

              Kadis Pertanian Ir.Afniwirman

Kunjungan Ketum LITERPAN REPUBLIK INDONESIA (L-RI) Pusat Agustinus Zai,ST bersama media sergap di Kantor Dinas pertanian Kabupaten Agam jum,at 4/8/2023 bertemu langsung dengan Kepala Dinas pertanian Agam Bapak Ir.Afniwirman di ruang Kerjanya.Dalam rangka agenda kunjungan konfirmasi sejauh mana program pergembangan pertanian di KabupatenAgam .
Kepala dinas pertanian menjelaskan di bidang sandang ,holtikultura.dan perkebungan,peningkatannya dari tahun ketahun. meningkat..
Selanjutnya peningkatan produksi pangan  fokus pada jagung dan padi. Penunjangnya program padi dan jagung  di sediakan sarana prasarananya,pengairannya ,jalan usaha tani ,pupuk bersubsidi,dan budidaya pembibitan yang unggul dan untuk holtikultura sayuran dan buah untuk kabupaten Agam yang
menonjol adalah cabe merah dan bawang merah. Agam penghasil bawang merah untuk agam sudah berlebih.Penghasil kol dan kentang juga,untuk peningkatan produksi dinas pertanian agam membantu paska pembentukan ,budidayanya dan paska panennya di daerah padang laweh kecamatan sungai pua .sudah di rumahkan untuk cabe sudah ada tempat pengolahan dan mesin penggilingan di kemasan  di jual di swalayan  dan tahan lama.kalau harga anjlok masyarakat mengolah menjadi cabe giling,dengan cara ini masyarakat terbantu ekonominya.sedangkan untuk buah kabupaten agam penghasil buah manggis ,durian dan alpokat.
Di sektor pertenakan agam sudah berhasil mendapatkan sapi kembar dan kerbau kembar.Ini untuk petani merupakan usaha tambahan di samping makan rumput masyarakat sudah bisa mengolah sagu dan batang jagung untuk makanan tambahan ternak sapi dan kerbau.Tidak perlu  masyarakat susah susah lagi mencari rumput kata  kadis kepada  medis ini (Team))

Tidak ada komentar