Breaking News

DINAS PERIKANAN KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI SERAHKAN BANTUAN MESIN TEMPRMEL KHUSUS UNTUK KOLOMPOK NELAYAN DI SIBERUT UTARA 29/05/24.

Sebeet Utara Mentawai; Laporan : SergapEkspres.com

Dinas Perikanan  Kabupaten Kepulauan Mentawai menyerahkan bantuan mesin tempel khusus untuk  kelompok nelayan sebagai bagian dari program pengembangan kapasitas nelayan kecil tahun 2024. Acara penyerahan mesin tempel ini berlangsung di Kantor Desa Sikabaluan, Kecamatan  Siberut Utara,Kabupaten Kepulauan Mentawai Sumatera Barat.

Kadis Perikanan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Zakirman, S.Pt, bersama Kabid Tangkap dan staf perikanan. Turut hadir dalam acara penyerahan mesin tempel tersebut dua anggota DPRD dari Kabupaten Kepulauan Mentawai, Julius Terarak dari Partai PDIP, dan Melki Sapalenggu dari Partai Hanura, Kamtibmas, dan Babimsa.

Bantuan mesin tempel  ini disalurkan kepada kelompok nelayan terpilih dari empat desa di  dua wilayah kecamatan, yaitu Kecamatan Siberut Utara, Desa Sikabaluan dan, Kecamatan Siberut Barat (Betaet). Desa penerima bantuan meliputi Sirilogui, Sigapokna, Simalegi Muara Siberut Barat, dan Betaet.

Selnjutnya, dalam sambutan yang disampaikan, Camat Siberut Utara yang diwakili oleh Kasi,mengucapkan terima kasih kepada Pemkap Kepulauan Mentawai atas bantuan mesin tempel yang  disalurkan melalui Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Kemudian,Kadis Perikanan Kab.Kep.Mentawai Zakirman S.Pt menyampaikan  bahwa pesan  Pj. Bupati tentang bantuan mesin tempel ini, agar dapat di pergunakan sesuai dengan keperluan kelompok nelayan. Dan jangan di jual, kelompok bertanggung jawab dan melaporkan hasilnya kepada Dinas terkait, Kadis  Perikanan Zakirman, S.Pt, menambahkan bahwa pentingnya pengawasan terhadap penggunaan mesin tempel tersebut, yang diberikan kepada kolompok nelayan. Dia menegaskan bahwa pengalihan atau penjualan mesin tersebut akan melanggar hukum dan dapat diproses secara hukum yang berlaku di negeri ini.

Selanjutnya, Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai dari Dapil Pemilihan Siberut Utara, Julius Tararak, mengatakan bahwa bantuan ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan nelayan dan memperbaiki  perkonomian keluarga nelayan.

Dari Partai Hanura Melki Sepolinggu juga  menekankan pentingnya evaluasi terhadap program ini guna memastikan manfaatnya bagi kelompok nelayan.

Salah seorang dari anggota kelompok nelayan, Markalius dari Desa Sirilogui, menyambut baik adanya bantuan mesin tempel tersebut. Dia menyampaikan harapannya bahwa bantuan ini akan daapat meningkatkan pendapatannya karena bisa meningkatkan efisiensi dalam kegiatannya melaut.

Banyaknya bantuan yang diserahkan berupa mesin tempel merek Yamaha sebanyak 96 unit, terdiri dari 65 unit mesin 4 Pk dan 31 unit mesin 15 Pk. Semoga melalui bantuan ini dapat menambah dan meningkatkan ekonomi masyarakat nelayan yang lebih baik lagi.

Kontributor.   : D.K.P.M

Penulis.          : Team Redaksi.

Editor.             : Redaktur 

              .....@..Z........



Tidak ada komentar