Breaking News

DARI 40 ORANG ANGGOTA DPRD KABUPATEN PADANG PARIAMAN DIAMBILDUMPAH OLEH KETUA PENGADILAN NEGERI PARIAMAN DAN,DI HADIRI SUHATRI BUR BUPATI PADANG PARIAMAN.


Padang Pariaman,Laporan;
 SergapEkspres.com

Sebanyak 40 anggota DPRD Padang Pariaman periode 2024-2029 hasil Pemilihan Umum Legislatif 14 Februari lalu, hari ini dilakukan pengambilan sumpah dan janji jabatannya.

Pengambilan sumpah jabatan tersebut dilakukan di Gedung DPRD Padang Pariaman, pada hari Rabu 14 Agustus 2024.

Paripurna yang langsung dipimpin oleh Pimpinan DPRD periode 2019-2024 tersebut dipimpin oleh ketua Arwinsyah, didampingi wakil ketua Aprinaldi, dan Risdianto. Diawali dengan pengambilan Sumpah jabatan 40 Anggota baru periode 2024 -2029,  yang dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Pariaman Dodi Koswara, SH. MH, sekaligus menandakan berakhirnya masa tugas anggota DPRD periode 2019-2024. 

Hadir mewakili Gubernur Sumbar, Kepala Dinas SatpolPP Sumbar Irwan, S. Sos.MM yang juga merupakan putra terbaik Padang Pariaman menyampaikan selamat kepada 40 anggota DPRD yang sudah diambil Sumpah jabatannya. 

Selanjutnya katanya DPRD merupakan unsur penyelenggara pemerintah daerah yang bermitra sejajar dengan kepala Daerah. 

"Oleh sebab itu sinergitas dan kerja kolektif antara DPRD dengan kepala daerah harus positif dan memberikan respon cepat terhadap persoalan kerakyatan di tingkat lokal dan daerah" sebutnya 

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasih yang sangat mendalam kepada Anggota DPRD Periode 2019-2024 yang sudah purna tugas mulai hari ini. Dia pun memohon maaf atas salah dan khilaf selama bergaul dalam membangun kebersamaan untuk padang pariaman ini. 

Menurutnya melalui otonomi daerah, diharapkan akan memperkuat interaksi antara pemerintah daerah dan masyarakat lokal dengan lebih intensif dalam rangka pertumbuhan kehidupan demokrasi, sehingga masyarakat sipil akan memperoleh hak-hak dan kewajiban-kewajibannya secara lebih baik sebagai warga negara.

Dia melanjutkan peran DPRD sebagai lembaga legislatif di daerah sangatlah penting, dengan tugas Legislasi, Anggaran dan Pengawasan yang dijalankan dalam kerangka representasi rakyat di daerah. 

"Saudara memegang peranan yang sangat strategis dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan otonomi daerah." sebutnya 

Terakhir Dia menyampaikan selamat kepada anggota DPRD Padang Pariaman yang baru saja di ambil Sumpah Jabatannya, Dia berharap Semoga amanah yang telah dititipkan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. 

"Mari kita bersama-sama kita kawal keberlanjutan membangun Kabupaten Padang Pariaman yang kita cintai ini menjadi lebih baik kedepannya" Pungkasnya 

Sementara itu, sekretaris DPRD mengumumkan pimpinan sementara DPRD. Di menyebutkan  bahwa bila mengacu kepada aturan terbaru, berdasarkan sebaran perolehan suara terbanyak dari Partai Politik pada Pemilu Legislatif 14 Februari 2024 lalu.

"Maka, sebagai Pimpinan Sementara akan diketuai Hasanuddin dari Fraksi PAN dengan Wakil Ketua Arwinsyah dari Fraksi Gerindra. Karena, kedua Parpol ini yang meraih Kursi peringkat satu dan dua" armen

Sedangkan Pimpinan DPRD definitif periode 2024-2029 nanti, ia tambahkan, akan di duduki peringkat satu, dua dan tiga dalam perolehan Kursi Pileg 2024 terbanyak. Dalam hal ini, tentu dari Fraksi PAN sebagai Ketua, Wakil Ketua dari Fraksi Gerindra dan Fraksi PKB.

Usai ditetapkan sebagai Pimpinan sementara, Hasanuddin, S.Pd,M, Anggota DPRD terpilih dari Fraksi PAN, Dalam sambutannya menyatakan siap mengemban amanah yang diberikan Ketua DPD PAN Padang Pariaman Suhatri Bur ini.

Dia pun berharap dukungan dari seluruh anggota, untuk terus bekerjasama dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Padang Pariaman.
Kita akan berupaya untuk bekerja dengan sebaik-baiknya. Dia pun Berharap hendaknya di DPRD sesuai peraturan dan perundangan yang berlaku.

"Oleh karena, ini kerja berat yang akan dipikul sebagai Pimpinan Sementara, jelang ada Pimpinan Definitif periode 2014-2029" tutur Anih begitu sapaan akrab sehari-hari Hasanuddin, yang pernah Ketua PGRI Padang Pariaman, juga pernah bergelut di dunia struktural birokrasi itu.

Prosesi pengambilan sumpah berlangsung Khidmad, dihadiri oleh seluruh Anggita DPRD terpilih, Unsur Muspida, mantan ketua DPRD, Sekretaris Daerah staf Ahli asisten dan Kepala Perangkat Daerah, Ketua TP. PKK, GOW, DWP, seluruh Pimpinan Partai Politik, Camat Wali Nagari, Bamus se padang Pariaman hadir pula para tokok masyarakat, tokoh pemuda, dan para keluarga anggita DPRD terpilih. 

Kontributor.       : H..K.PP
Penulis.              : Team Redaksi/NL- Sus.
Editor.                 : Redaktur
.................D..O..@..Z..PR..........................

Tidak ada komentar