Breaking News

"ADVERTENSI" PEMERINTAH KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI DINAS PUPR KEBUT PENYELESAIAN PEMBANGUNAN JALAN JATI,SIKOKONG-MAPADEGGAT SIPORA UTARA.

     ASMEN SIMANJORANG KADIS PUPR
Mentawai, Laporan: SergapEkspres.com

Proyek Pembangunan Infrastruktur jalan baru kini terus di kebut oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai,Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ( DPUPR ) yang bertujuan untuk mempermudah  konektivitas masyarakat dalam rangka untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah Sipora Utara Mentawai.

Program pembangunan jalan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Dinas PUPR Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sub kegiatan Rekonstruksi Jalan dengan pekerjaan penanganan longsegment ( peningkatan/ Rekonstruksi) jalan sikokong-Mapadeggat- ( DAK )Tematik Peningkatan Konektifitas dan Elektifikasi didaerah Afirmasi TA 2024, dengan nomor kontrak 600.19./07/PPK- BM.05/V-2024, dengan tanggal kontrak 03 April 2024 untuk waktu pelaksanaan 210 hari kalender, yang pekerjaannya dilaksanakan oleh kontraktor pelaksana PT.Green Diamond Indonesia dan konsultan pengawas PT. Arch Media Consultant KSO dan PT.Vitech Pratama Konsultan.
Pekerjaan pembangunan jalan baru, Kabupaten Kepulauan Mentawai sepanjang 5 km,dari sikokong - Mapedeggat  yang dianggarkan dari DAK TA 2024 , yang kini sedang di genjot penyelesaiannya, kata Asmen Simanjorang Kadis PUPR , jalan ini merupakan sebuah jalan yang terletak di desa Tuapeijat di jantung ibukota kabupaten kepulauan Mentawai, yang mempunyai sumber daya alam melimpah dan masih kental dengan adat dan budaya juga sebagai pintu gerbang masuknya pariwisata di desa Tuapeijat,Kecamatan Sipora Utara.
Asmen Simanjorang Kadis PUPR, dalam wawancara dengan team Lembaga Investigasi Terpadu Penyelamatan Aset Negara Republik Indonesia - LITERPAN REPUBLIK INDONESIA (L-RI ) Pusat bersama beberapa media online, pada hari Jumat lalu di ruang kerjanya,Kadis PUPR menerangkan, bahwa proyek  pembangunan jalan dari sikokong - Mapadeggat  sebagai tempat destinasi wisata yang terkenal dengan 3 M 1K, Mapadeggat, Muntei, Matobe dan Katiet menjadi skala prioritas. Artinya, Mapadeggat itu tidak bisa berdiri sendiri dan saling berkolaborasi dengan destinasi wisata lainnya yang ada di  wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Lanjut, Asmen Simanjorang Kadis PUPR, daerah Sikokong desa Tuapeijat sudah mulai maju dan berkembang pesat yang berimbas pada nilai harga tanah pun sudah melambung tinggi
Dibuatnya jalan baru ini ada 3 aspek, yaitu, pengembangan destinasi wisata, akses dan mengurai kawasan kumuh.

Disamping itu,rencana akan membangun kantor desa Tuapeijat di sekitar jalan baru tersebut. Dan untuk pembangunan kantor desa tersebut juga sudah tersedia lahannya. 

Menurut, Asmen Simanjorang Kadis PUPR banyak kajian menunjukkan adanya destinasi wisata mampu mengurangi angka kemiskinan dan angka pengangguran, apabila dapat dikelola secara baik.
Dan Asmen Simanjorang Kadis PUPR mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang selalu siap mendorong dan mendukung penuh atas terlaksana dan lancarnya proyek pembangunan jalan Sikokong- Mapadeggat  sebagai icon pariwisata, karena berada di jantung ibukota Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provnnsi Sumatera Barat.

Dinas PUPR berharap kepada masyarakat khususnya di sekitar jalan wisata Sikokong- Mapadeggat  yang telah dibangun oleh pemerintah daerah dengan pajak rakyat, agar kiranya pembangunan jalan ini dapat dijaga dengan baik dan dirawat  supaya bertahan lama.

Di lain sisi salah seorang masyarakat, Taufik S yang bermukim di sekitar itu, menyebutkan, dengan dibuka jalan baru Jati- Mapadeggat  di sepanjang pinggir pantai ini, sudah barang tentu sangat berimbas pada masyarakat, utamanya akses jalan lancar dan ekonomi masyarakat  meningkat tajam. 

Dan kita tahu, katanya lagi, daerah ini merupakan destinasi wisata dari berbagai negara. Homestay, Villa  san coffe sudah banyak bermunculan  dan tentu ini berimbas pada putaran peningkatan ekonomi masyarakat  sekitar. Atas nama masyarakat, kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai, yang telah membuka dan membangun jalan baru, Jati-Mapadeggat.

Ditempat terpisah, 11/09/24 Camat Sipora Utara, Marsen, S.Sos.MM menjelaskan,bahwa dengan adanya pembangunan jalan baru dari sikokong -Mapadeggat   sepanjang pinggiran pantai tentu secara langsung berdampak banyak bagi kehidupan masyarakat, utamanya jalan lebar dan akses kendaraan lancar, selain itu juga akan muncul pertumbuhan ekonomi. Artinya, kedepan akan banyak berdiri bangunan baru, rumah masyarakat, Villa, Homestay dan warung/ kedai makanan dan minuman.
Atas nama pemerintah Kecamatan Sipora Utara, kami  mengucapkan 
Terima kasih kepada pemerintah daerah, Kabupaten Kepulauan Mentawai,  PJ.Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Fernando JS yang telah berusaha keras dan gigih dalam memperjuangan adanya pembangunan jalan Jati- Mapadeggat.

 Camat Sipora Utara Mentawai..

Kolaborasi antara pemerintah Kecamatan 
Sipora Utara, Kepala Desa Tuapeijat dan masyarakat, ungkap Marsen Camat cukup berjalan baik, aman dan lancar. " Suatu pekerjaan yang akan dilakukan di Kecamatan Sipora Utara, kami tetap rembukan, bahas serta rapatkan bersama. Artinya tidak ada yang tertinggal," ungkap
.           Marsen Camat Sipora Utara.

Kemudian  di sisi lain, Pusuibiat Oinan Kepala Desa Tuapeijat ketika dijumpai dikediamanya di Mapadeggat mengatakan,sungguh bergembira bercampur haru, karena sejak tahun 2003 hingga 2016 telah berjuang untuk membuka pembangunan jalan ini, namun terkendala.

 Berjuang dan terus berjuang bersama masyarakat, kata Kepala Desa Tuapeijat, pada tahun 2016 hingga 2022 juga pembangunan berhenti dan masyarakat mempertanyakan dan desa menyuarakan untuk dilanjutkan pembangunan jalan mulai dari Sikokong hingga Mapadeggat. Dengan perjuangan yang pantang menyerah demi majunya desa Tuapeijat, akhirnya pada tahun 2023 dibuka kembali dan dilanjutkan dengan pengerasan dan kini sudah ada sebagian jalan yang sudah selesai di rabat beton dan mudah- mudah dalam waktu dekat sudah rampung.

Atas nama pemerintah Desa Tuapeijat bersama masyarakat, kata Pusuibiat Oinan Kepala desa
yang dilantik pada tahun 2015 jadi Kepala Desa dengan penduduk 6 ribu jiwa, mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada pemerintah daerah kabupaten kepulauan mentawai dalam hal ini Dinas PUPR Mentawai, yang secara aktif meninjau dan mengawasi  pembangunan proyek jalan baru sikokong Mapadeggat, merupakan salah satu Icon desa Tuapeijat. 
          Pusuibiat Oinan Kepala desa 
Desa Tuapeijat, tambah Pusuibiat Oinan kepala desa, merupakan desa yang terletak di jantung ibukota Kabupaten Kepulauan Mentawai. Dan Desa Tuapeijat, yang punya konsep maju dan mandiri.
Untuk mata pencaharian masyarakat, sehari- hari melaut, peladang dan berdagang,terangnya.

Kontributor.         : L- RI Pusat
Penulis.                : Team Redaksi 
Editor.                   : Redaktur 
...............D..O..@Z..PR......................

Tidak ada komentar